Alumni Unpad Cetak Sejarah Baru

JAKARTA, MONDIALNEWS – Alumni Universitas Padjadjaran (Unpad) mencetak sejarah baru di pertengahan tahun 2020. Tepat seminggu setelah mendapat pengesahan, alumni Unpad secara resmi mendirikan Koperasi UMKM Alumni Indonesia atau KUALI. Menurut Penggagas KUALI, Dr. Ary Zulfikar, SH MH, yang akrab dipanggil Kang Azoo, KUALI merupakan sebuah lembaga koperasi produsen yang menaungi sebanyak-banyaknya UMKM Alumni Unpad.

“Koperasi UMKM Alumni ini berfungsi menjadi ‘hub’ atau terminal untuk seluas-luasnya membuka akses pasar lokal hingga global, memberi beragam fasilitas dan pembinaan pada anggota, sekaligus mengekspose produk UMKM Alumni Unpad dalam berbagai ajang pameran baik di dalam maupun di luar negeri, serta membuka potensi pembuatan merek kolektif atau ‘one brand’ atas produk yang sekategori,” ujarnya.

Saat ini, katanya, Koperasi UMKM Alumni telah menjalin komunikasi dengan Kementerian Koperasi dan UMKM, juga telah membangun jaringan untuk memasarkan produk-produk UMKM Alumni Unpad ke Australia, dan tentunya akan juga merambah ke negara-negara lainnya.

“Gerai untuk mendisplay produk UMKM Alumni Unpad juga akan didirikan di tempat-tempat strategis di kota-kota besar,” tukasnya.

Tidak hanya itu, website berbobot yang salah satu sajian utamanya menampilkan semua UMKM Alumni Unpad juga sedang dalam proses penyempurnaan untuk kemudian dipajang disebuah platform marketplace.

“Berikutnya KUALI juga akan bekerja sama dengan para mitra, sambil membuka akses dan hubungan dengan swasta besar dan BUMN untuk mengupayakan produk-produk UMKM Alumni Unpad agar dapat menjadi salah satu rekanan produksi atau penyuplai kebutuhan perusahaan swasta besar dan BUMN,” tukasnya.

Misi utama Koperasi UMKM Alumni, ujar Kang Azoo, ini adalah setinggi-tingginya meningkatkan kualitas UMKM Alumni Unpad serta seluas-luasnya membuka dan mengakses pasar domestik dan mancanegara.

“Bismillah, semoga ikhtiar bersejarah ini mampu memberi manfaat besar bagi alumni Unpad pelaku UMKM khususnya, sekaligus mengharumkan nama Unpad di kancah dunia,” tukasnya.

Pihaknya juga mengajak para pelaku UMKM untuk menyiapkan UMKM untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama. “Silakan persiapkan UMKM Akang Teteh, mari menapaki tangga kesuksesan dengan bergotong royong untuk bersama mencapai level yang lebih tinggi,” ujar Kang Azoo yang juga jadi Calon Ketua Ika Unpad.

Sedangkan menurut Ketua KUALI, Rimhalsyah, KUALI hadir untuk dan bersama alumni yang berUMKM, untuk UMKM yang lebih kuat. (qiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *